TEKNIK PEMIJAHAN DAN BUDIDAYA IKAN MAS

TEKNIK PEMIJAHAN DAN BUDIDAYA IKAN MAS Reviewed by admin on . This Is Article About TEKNIK PEMIJAHAN DAN BUDIDAYA IKAN MAS

Cara Budidaya Ikan Mas Dan Pemijahan Budidaya ikan mas (Cyprinus carpio L.) ini sangat menjajikan dan mengutungkan, ini karena permintaan ikan jenis air tawar masih tergolong tinggi. Namun, permintaan pasar yang tinggi tanpa di imbangi dengan produksi yang cukup maka ikan mas tergolong langka di pasar tradisional. Ini artinya peluang yang bagus untuk segera memulai […]

Rating: 5

Cara Budidaya Ikan Mas Dan Pemijahan

Budidaya ikan mas (Cyprinus carpio L.) ini sangat menjajikan dan mengutungkan, ini karena permintaan ikan jenis air tawar masih tergolong tinggi. Namun, permintaan pasar yang tinggi tanpa di imbangi dengan produksi yang cukup maka ikan mas tergolong langka di pasar tradisional. Ini artinya peluang yang bagus untuk segera memulai usaha budidaya ikan mas, Selain mudah dalam budidaya ikan mas, peluang bisnis juga cukup menjanjikan. Permintaan pasar yang tinggi, namun pasokan atau produksi ikan mas masih rendah. Faktor inilah yang menjadikan harga ikan mas sangat menguntungkan Peternak ikan. Cara Budidaya ikan mas ini dilakukan dengan beberapa tahapan.

Teknik Pemijahan Ikan Mas

Untuk mendukung usaha budidaya ikan mas tanpa kendala, tentu peternak ikan sangat membutuhkan pasokan bibit. Nah dengan memiliki pengetahuan atau teknik tentang pemijahan ikan mas tentu akan memberi nilai tamabah untuk usaha budidaya ikan. Pemijahan ikan mas bisa dilakukan di kolam tanah. Caranya : siapkan kolam ukuran 12 m2; perbaiki seluruh bagiannya; keringkan selama 3 – 5 hari; isi air setinggi 60 cm dan alirkan secara kontinyu; pasang hapa ukuran panjang 4 m, lebar 2 m dan tinggi 1 m; pasang 10 buah kakaban; masukan 2 ekor induk betina; masukan pula 4 – 6 ekor induk jantan; biarkan memijah; setelah memijah ambil induk jantan dan betina; biarkan telur menetas di tempat itu.

Pematangan Gonad di kolam tanah

Pematangan gonad ikan mas bisa dilakukan di kolam tanah. Caranya, siapkan kolam ukuran 100 m2; keringkan selama 2 – 4 hari dan perbaiki seluruh bagian kolam; isi air setinggi 50 – 70 cm dan alirkan secara kontinyu; masukan 200 kg induk; beri pakan tambahan (pelet) sebanyak 3 persen/hari.

Lanjutkan Baca Dibawah Ini
Jenis File: PDF/Adobe Acrobat
Sumber:imam001.student.umm.ac.id
Cara Download Pdf

 

[iframe src="http://imam001.student.umm.ac.id/download-as-pdf/umm_blog_article_50.pdf " width="100%" height="480"]

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

Copyright © 2014 okezonet.com. All rights reserved.Powered by WordPress