Peluang Budidaya Sorgum

Peluang Budidaya Sorgum Reviewed by admin on . This Is Article About Peluang Budidaya Sorgum

Peluang Budidaya Sorgum: Budidaya sorgum sudah lama dilakukan petani Indonesia namun bahan pangan ini kurang dikenal. Sorgum merupakan tanaman serealia yang mudah dibudidayakan. Sorgum dapat dikembangkan sebagai tanaman pangan sebagai pengganti padi dan jagung. Tanaman sorgum ini mempunyai keunggulan yang tidak kalah dengan tanaman serealia lainnya seperti cara tanam yang mudah, daya adaptasinya yang baik, […]

Rating: 4

Peluang Budidaya Sorgum: Budidaya sorgum sudah lama dilakukan petani Indonesia namun bahan pangan ini kurang dikenal. Sorgum merupakan tanaman serealia yang mudah dibudidayakan. Sorgum dapat dikembangkan sebagai tanaman pangan sebagai pengganti padi dan jagung.

Tanaman Sorghum 300x224 Peluang Budidaya Sorgum

Malai Sorgum yang bernas dan Sehat

Tanaman sorgum ini mempunyai keunggulan yang tidak kalah dengan tanaman serealia lainnya seperti cara tanam yang mudah, daya adaptasinya yang baik, dapat dimanfaatkan untuk bahan baku industri makanan, minuman, pakan ternak, bahan baku alkohol dan lainnya. Budidaya sorgum cukup mudah, anda dapat mengembangkan budidaya ini menjadi bisnis yang menjanjikan dengan keuntungan yang sangat lumayan.

 

 

Pemilihan bibit

Biji Sorgum Peluang Budidaya Sorgum

Bibit Sorgum Yang bagus

Pemilihan varietas bibit harus memperhatikan tempat tumbuh dan pemanfaatan sorgum. Jika dalam budidaya sorgum ini anda menghendaki sorgum untuk kebutuhan pangan anda dapat memilih Sorgum varietas Hegari Genjah, UPCA SI, Keris dan Badik. Varietas ini mempunyai keunggulan yaitu rasanya cukup enak seperti nasi dan berbiji putih. Sedangkan bila anda ingin membudidayakan sorgum untuk pakan ternak anda dapat memilih sorgum yang tahan terhadap hama, dan tahan simpan.

Penyiapan lahan

Penyiapan lahan untuk budidaya sorgum tidaklah sulit. Tanaman sorgum dapat tumbuh baik pada lahan dengan ketinggian kurang dari 500 m dpl. Sorgum dapat tumbuh baik pada lahan yang kurang subur, kurang air bahkan pada tipe tanah berpasir sekalipun. Anda dapat mengolah tanah 2-4 minggu sebelum tanam. Tanah dicangkul dan dibuat saluran drainase di sekeliling lahan. Tanah yang sudah diolah diberi pupuk organik, dapat pupuk kandang ataupun kompos.

Waktu Penanaman

Sorgum dapat anda tanam pada semua musim, namun untuk mencegah kekeringan, gagal panen ataupun serangan cendawan anda dapat menanam pada awal musim hujan dengan memperhitungkan masaknya biji pada musim kemarau. Anda juga dapat menanam pada akhir musim hujan dan awal musim kemarau. Penanaman dalam budidaya sorgum dengan cara ditugal bila jarak antar biji tidak dekat. Jarak tanam juga memperhatikan kualitas kesuburan tanah. Umumnya jarak tanam 70×20 cm atau 60×20 cm. Satu lubang dapat untuk menanam 3-5 biji. Selain menyiapkan lubang biji, anda juga dapat membuat lubang pupuk di samping lubang biji.

Pengairan dan pemupukan

Pengairan dalam budidaya sorgum tergolong efisien. Sorgum tidak memerlukan air dalam jumlah berlebih kecuali pada awal tanam. Untuk pemupukan anda sebaiknya memberikan pupuk lengkap untuk hasil maksimal, seperti NPK. Pemupukan memperhatikan kualitas kesuburan tanah dan varietas yang anda gunakan. Umumnya menggunakan 200kg urea/ha, KCI 30kg/ha dan TSP 100kg/ha. Pemupukan dilakukan 2 tahap, yaitu pada saat tanaman berumur 7-10 hari dan 30 hari.

Pemeliharaan

Kebun budidaya sorgum 300x152 Peluang Budidaya Sorgum

Tanaman Sorgum Yang sehat

Pemeliharaan dalam budidaya sorgum tidaklah sulit. Anda dapat melakukan penjarangan, yaitu dengan mencabut tanaman yang kurang baik dan memelihara sisa tanaman yang baik hingga panen. Selain itu anda rutin melakukan penyiangan terhadap gulma-gulma pengganggu. Anda dapat melakukan penggemburan dengan jalan mencangkul tanah di sekitar tanaman sorgum dan memasang batang-batang sorgum agar tetap kokoh.

Pengendalian serangan hama

Dalam budidaya sorgum anda harus mengetahui hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman anda. Berbeda dengan tanaman pangan lainnya, sorgum lebih mudah terjangkit hama dibanding penyakitnya. Hama yang dapat menyerang antara lain: penyakit bercak daun, menyebabkan bercak kemerahan pada batang sehingga dapat menyebabkan daun mengering. Bila kondisi lembab sorgum dapat diserang penyakit blight yang menyebabkan bintik ungu. Serangan lalat dan ulat juga merupakan hama bagi tanaman sorgum. Cara pengendalian hama ini cukup menggunakan insektisida dengan dosis yang tepat.

Waktu panen

Tanaman sorgum dipanen menurut varietas yang anda gunakan, namun umumnya dapat dipanen 3-4 bulan setelah tanam. Sorgum yang dapat anda panen mempunyai ciri-ciri seperti daun yang mulai menguning dan biji sorgum yang telah pecah.  Pemanenan dalam budidaya sorgum dapat dilakukan dengan memangkas dari malai sekitar 10-15 cm, atau anda dapat memangkas batang sorgum 5-10 cm dari tanah. Kemudian biji dikeringkan setelah panen agar anda mudah untuk merontokkan bijinya. Cara penyimpanan sorgum cukup dengan mengeringkan sorgum dengan cara penjemuran dan disimpan di tempat yang kering.

Itulah langkah-langkah dalam budidaya tanaman pangan sorgum. Perlu semangat dan kerja keras, namun hasil yang anda dapat memuaskan dan menjanjikan. Selamat mencoba budidaya sorgum, serealia alternatif pengganti jagung dan padi.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

Copyright © 2014 okezonet.com. All rights reserved.Powered by WordPress